SEJATINYA PEMUDA ADALAH YANG BISA MENGATAKAN, INILAH SAYA!!

Sabtu, 06 April 2013

Sistem Perdagangan secara Elektonik


Teknologi Perdagangan secara Elektronik

  1. Gambar ini menggambarkan suatu arsitektur sistem perdagangan secara elektronik yang telah dikembangkan oleh Sun Microsystems dan mitra bisnisnya
  2. Arsitektur ini menekankan bahwa: internet, intranets, dan extranets adalah infrastruktur jaringan atau pondasi bagi perdagangan secara elektronik
  3. Pelanggan harus dilengkapi dengan informasi pemasaran, proses tranksaksi dan jasa pembayaran yang benar dan aman
  4. Kegiatan perdagangan dan mitra bisnis bersandar pada internet dan extranets untuk saling tukar menukar informasi dan melakukan transaksi yang aman termasuk pertukaran data elektronik (EDI) dan rantai persediaan serta sistem keuangan dan database
  5. Karyawan Perusahaan tergantung pada berbagai sumber daya Internet dan intranet untuk berkomunikasi dalam mendukung aktivitas EC mereka
  6. Para Profesional Sistem Informasi dan Pemakai akhir dapat menggunakan berbagai “tools” perangkat lunak untuk mengembangkan dan mengatur operasi dan isi websites dan sumber daya lain dari EC suau perusahaan

Pengelompokan Proses dalam E-Commerce
  1. Akses Kendali & Keamanan: Proses E-Commerce harus menetapkan kepercayaan timbal balik dan menjamin akses antar peserta didalam suatu transaksi e-commerce denagn membuktikan keabsahan para pemakai, hak akses dan keamanan
  2. Profil & Personalisasi: Proses profiling terjadi pada data dan website disertai aneka pilihan dan perilaku, dan membangun profil elektronik tentang karakteristik dan preferences. Profil ini kemudian digunakan untuk mengenali kamu sebagai suatu pemakai individu dan menyediakan kamu dengan suatu pandangan yang diselaraskan dengan indeks lokasi, seperti halnya rekomendasi tentang produk dan web yang diselaraskan sebagai bagian dari suatu strategi pemasaran one to one
  3. Manajemen Pencarian: Kemampuan ini membantu pelanggan menemukan produk atau jasa spesifik yang mereka ingin evaluasi atau beli
  4. Perangkat Manajemen Isi: memebantu perusahaan e-commerce mengembangkan, menghasilkan, menyampaikan, membaharui dan mengelola data dan informasi dalam teks dan multimedia pada website e-commerce
  5. Catalog Manajemen: membangkitkan dan memanage isi katalog adalah suatu proses manajemen isi yang utama dan katalog informasi tentang produk mengambil format multimedia
  6. Workflow Manajemen : membantu karyawan secara elektronik dalam bekerja sama untuk memenuhi tugas pekerjaan yang tersusun didalam proses bisnis berbasiskan knowledge. Workflow manajemen didalam e-business & e-commerce tergantung pada workflow model dari perangkat lunak yang berisi motor perangkat lunak proses bisnis untuk terpenuhi.
  7. Pemberitahuan Peristiwa : Perangkat lunak pemberitahuan peristiwa yang relevan, termasuk situasi masalah atau perubahan tak terduga. Kemudian sistem itu bekerja dengan perangkat lunak user profiling untuk secara otomatis memberitahukan kepada semua pihak yang terlibat (stakeholders) dari transaksi penting yang menggunakan metode user preferred sesuai dengan media pesan elektronik seperti e-mail, newsgroup, pager, dan komunikasi fax
  8. Kerjasama/koloborasi dan perdagangan : e-business yang fokus kepada pelanggan menggunakan teknologi informasi seperti e-mail, chatting, dan diskusi untuk memelihara masyarakat yang online serta adanya perhatian antar karyawan dan pelanggan untuk meningkatkan layanan pada pelanggan dan membangun kesetiaan pelanggan didalam e-commerce. Kerja sama/kolaborasi yang penting antar mitra bisnis yang berdagang didalam e-commerce bisa juga disajikan oleh perdagangan jasa berbasiskan internet

Faktor Keberhasilan E-Commerce
Suatu fakta dalam penjualan eceran melalui intenet (e-tailing) adalah semua websites penjualan eceran menganggap “penempatan, penempatan, penempatan” sebagai hal yang sangat penting agar sukses didalam melakukan penjualan secara eceran. Beberapa faktor yang mempengaruhi kesuksesan  e-tailing:
  1. Pemilihan dan Nilai: Produk terpilih dan menarik,harga bersaing, jaminan kepuasan dan layanan pelanggan setelah penjualan
  2. Penampilan dan rasa: Tampilan web yang menarik, website yang menampilkan area berbelanja, adanya katalog multimedia produk, dan adanya petunjuk berbelanja
  3. Iklan dan Peransang: adanya iklan dengan target tertentu dan e-mail promosi, potongan harga dan pesanan khusus, iklan pada halaman web terkait
  4. Perhatian Pribadi: Halaman website pribadi, rekomendasi tentang produk yang diselaraskan dengan kebutuhan pribadi, iklan melalui web dan pesan melalui e-mail, dan dukungan interaktif untuk semua pelanggan
  5. Hubungan Masyarakat: masyarakat pelanggan (maya) perusahaan, para penyalur, wakil perusahaan, dan orang lain melalui newsgroup, ruang bercakap-cakap, dan kaitan ke website terkait lainnya
  6. Keamanan dan Keandalan: Keamanan tentang informasi dan transaksinya melalui website, nformasi produk yang terpecaya, dan pemenuhan pesanan dapat dipercaya

Bentuk Pasar E-Commerce yang berhasil:
  1. One To Many: pasar penjual (sell side). Dikendalikan oleh satu penyalur utama, menyajikan produk katalog dan daftar harga. Ex : Cisco.Com dan Dell. Com
  2. Many To One: Pasar Pembeli (Buy Side). Para penyalur tertarik untuk datang ke banyak orang yang berkumpul untuk melakukan pertukaran, kemudian mereka menawarkan bisnisnya pada seorang pembeli utama. Ex : Ge atau AT&T
  3. Some To Many: Pasar Distribusi. Sekelompok penyalur utama mengkombinasikan produk katalog mereka untuk menarik perhatian para pembeli yang lebih banya. Ex Verticalnet dan Works.Com
  4. Many To Some: Pasar Pengadaan. Sekelompok pembeli utama mengkombinasikan katalog/daftar pembelian mereka untuk lebih menarik para penyalur agar lebih berkompetisi dan bisa mendapatkan harga yang lebih rendah. Ex Auto Industri Covisint dan industri enery Pantellos
  5. Many To Many: Pasar Lelang. Digunakan banyak pembeli dan banyak penjual yang dapat menciptakan berbagai “para pembeli” atau”para penjual” yang dengan dinamis akan mengoptimalkan terjadinya harga. Ex. Ebay dan FreeMarkets

Comments